Senin, 16 Juni 2025

Pembelajaran dan Asesmen Merupakan Satu Kesatuan? Kunci Jawaban Modul 2.6 PINTAR Kemenag 2025

Gambar terkait Pembelajaran dan Asesmen Merupakan Satu Kesatuan? Kunci Jawaban Modul 2.6 PINTAR Kemenag 2025 (dari Bing)

Hari Ini Pelatihan Metodologi Pembelajaran berbasis Platform Pintar Kemenag akan kembali digelar pada 16 hingga 20 Juni 2025.

Salah satu modul penting dalam pelatihan ini adalah Modul 2.6 yang mengangkat topik “Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran”.

Untuk membantu para peserta memahami materi dengan lebih baik, berikut ini disajikan contoh soal beserta kunci jawaban yang relevan dengan topik tersebut.

Modul ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk mendorong guru dan tenaga pendidik memahami serta menerapkan model pembelajaran yang tepat sasaran.

Pemilihan model pembelajaran tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ia harus mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Bagi peserta yang sedang mempersiapkan diri menghadapi pelatihan ini, memahami soal-soal pada Modul 2.6 beserta jawabannya akan sangat membantu untuk membangun pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana menyelaraskan model pembelajaran dengan capaian tujuan belajar.

Pelatihan Metodologi Pembelajaran (Model Pembelajaran Terupdate) - Pintar Kemenag

Modul 2.6 Pemetaan Model Pembelajaran Berdasarkan Tujuan Pembelajaran - Bagian 1

>> Kumpulan Soal <<

1. Salah satu kunci untuk menentukan model pembelajaran apa yang tepat digunakan oleh pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran adalah...

A Ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran

B Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik

C Materi yang akan dibahas dalam pembelajaran

D Ketersediaan waktu yang digunakan

Jawaban: B Kompetensi yang dicapai oleh peserta didik

2. Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Siklus pada pembelajaran adalah...

A Perencanaan Asesmen, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran

B Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran

C Perencanaan Asesmen, Perencanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran

D Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen

Jawaban: B Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen Pembelajaran

3. Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian pembelajaran pada mata pelajaran di sekolah untuk setiap fase tercantum pada....

A Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022

B Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022

C Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022

D Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022

Jawaban: C Keputusan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022

4. Pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran discovery learning dalam pelaksanaan pembelajarannya, berikut ini adalah beberapa model kurang tepat dimplementasikan pendidik...

A Take and give models, picture and picture models dan Two Stay Two Stray

B Snowball Throwing models, inside and outside circle models dan think, pair and share models

C Think, pair and share models, gallery walk models dan make a match models

D Time tokens models, hot card models dan windows shooping models

5. Berikut ini adalah beberapa metode pembelajaran yang dikembangkan dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka...

A Student-Centered Learning, Teacher .Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning

B Student-Centered Learning, Teacher.Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Cooperative Learning

C Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi

D Student-Centered Learning, Teacher.Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning serta pembelajaran berdiferensiasi

Jawaban: C Student-Centered Learning, Inquiry Learning, Problem-Based Learning dan Project-Based Learning, Cooperative Learning dan Pembelajaran berdiferensiasi

6. Berikut ini adalah beberapa faktor yang seharusnya menjadi pertimbangan dalam memilih jenis-jenis model pembelajaran, kecuali...

A Tujuan pembelajaran, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran serta ketersediaan waktu

B Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran

C Tujuan pembelajaran, kemampuan tahap belajar siswa dan guru, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran

D Sarana dan prasarana pembelajaran, ketersediaan waktu dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode dan model pembelajaran

Jawaban: B Tujuan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran, ketersediaan waktu dan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran

7. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa...

A Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis

B Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis

C Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis

D Pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, aktif, kreatif, dinamis dan dialogis

Jawaban: A Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis

8. Adanya kelompok ahli dan kelompok asalal merupakan salah satu ciri dari model pembelajaran...

A Inside and outside circle models

B Cooperative Learning type Jigsaw

C Galery Walk Models

D Mind map models

Jawaban: B Cooperative Learning type Jigsaw

9. Beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam metode pembelajaran berbasis project adalah..

A Mind map models, Numbered Head Together models dan Galery walk models

B Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models

C Think, pair and share models, mind map models dan windows shooping models

Jawaban: B Windows shooping models, mind map models dan gallery walk models

10. Pelaksanaan pembelajaran dirancang oleh pendidik untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas, interaktif dan kontekstual, oleh sebab itu pendidik diharapkan menyelenggarakan pembelajaran, kecuali...

A Interaktif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif

B Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik

C Interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang

D Inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik

Jawaban: B Aktif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik

**

(Hari Ini/Tribun Network)

0 komentar: